JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika kelas IV SD

Wulandari, Cici (Unknown)
Nugroho, Aryo Andri (Unknown)
Nafiah, Ulin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD pada materi pola gambar di SD Supriyadi 01. Permasalahan pembelajaran matematika yang pasif dan berpusat pada guru melatarbelakangi penelitian ini. Menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) model spiral Kemmis dan McTaggart dalam dua siklus, penelitian mengumpulkan data melalui observasi dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan. Siklus I mencapai ketuntasan 60%, meningkat menjadi 87% pada siklus II dengan 25 siswa melampaui KKTP. Disimpulkan bahwa PBL efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...