JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Penerapan Media Pembelajaran STAKO untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar pada Materi Statistika Data Bivariat

Putri, Ismaluthfi Nafi’ah (Unknown)
Kemas, Kemas (Unknown)
Apriliani, Leni (Unknown)
Hasanah, Nurul (Unknown)
Ratnaningsih, Nani (Unknown)
Patmawati, Hetty (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2025

Abstract

Minat dan motivasi belajar peserta didik merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran. Namun, pada kenyataannya banyak peserta didik yang merasa kesulitan dan kurang tertarik dalam mempelajari materi statistika, terutama pada topik analisis korelasi. Maka dari itu sebagai pendidik kita harus mampu menghadapi tantangan tersebut dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik salah satunya yaitu penerapan media pembelajaran inovatif yang dinamakan STAKO (Statistika Analisis Korelasi). Media pembelajaran ini mengintegrasikan Canva sebagai wadah penyajian materi, Gimkit sebagai alat asesmen interaktif, dan Spreadsheet untuk pengecekan hasil pengerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik pada materi statistika data bivariat khususnya Analisis Korelasi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, pembelajaran berbasis bahan ajar dan LKPD saja belum efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Pada siklus kedua, penerapan media STAKO berhasil meningkatkan partisipasi, minat, dan motivasi belajar peserta didik melalui pengalaman belajar yang lebih menarik, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan mereka. Media ini memberikan alternatif inovatif dalam pengajaran statistika dan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...