Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya uji normalitas dan homogenitas melalui penerapannya pada studi kasus nyata. Studi literatur digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Terdapat 6 tahapan yang dilakukan mulai dari identifikasi masalah, pengumpulan data, seleksi data, analisis data, sintesis dan integrasi data, serta penulisan artikel. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,23 yang menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik tergolong rendah. Uji statistik yang dilakukan menggunakan uji F menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan perlakuan, sehingga data dianggap homogen. Selain itu, uji t juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa perlakuan yang diberikan tidak menunjukkan efek yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menyarankan perlunya evaluasi terhadap metode pengajaran yang diterapkan untuk mencapai peningkatan hasil belajar yang lebih optimal.
Copyrights © 2025