JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Kecenderungan Self-Injury terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP IT Al-Ihya Tanjung Gading

Azizah, Nadia Nurul (Unknown)
Lubis, M. Syukri Azwar (Unknown)
Armanila, Armanila (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalis siswa/i SMP IT Al-Ihya yang terlibat dalam prilaku self-injury dan mengidentifikasi apakah prilaku tersebut berdampak pada prestasi belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terkait prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prilaku self-injury sangatlah berdampak negative bagi siswa, dapat dilihat dari perubahan sikap, menurunnya minat belajar serta hasil belajar yang tidak maksimal. Oleh karena itu, guru dan orangtua harus bekerja sama dalam mengawasi peserta didik agar prilaku seperti ini tidak ditemukan lagi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...