JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Partisipasi dan Keaktifan Siswa Kelas VI SD Negeri 101771 Tembung dalam Pembelajaran

Wijayanthi, Tresna (Unknown)
Fatria, Fita (Unknown)
Ningsih, Ayu Melati (Unknown)
Elfrida, Irfin (Unknown)
Siregar , Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran berbasis game interaktif Wordwall guna meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa kelas VI dalam proses pembelajaran. Game interaktif ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan meningkatkan keterlibatan siswa dengan menggunakan berbagai macam kuis dan tantangan yang dapat diakses secara digital. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam partisipasi dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Siswa lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi dan aktivitas kelompok, serta menunjukkan peningkatan dalam pemahaman materi. Media Wordwall terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif. Diharapkan, penggunaan media berbasis game ini dapat dijadikan alternatif dalam mengatasi tantangan pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...