Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran berbasis game interaktif Wordwall guna meningkatkan partisipasi dan keaktifan siswa kelas VI dalam proses pembelajaran. Game interaktif ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan meningkatkan keterlibatan siswa dengan menggunakan berbagai macam kuis dan tantangan yang dapat diakses secara digital. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam partisipasi dan keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Siswa lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi dan aktivitas kelompok, serta menunjukkan peningkatan dalam pemahaman materi. Media Wordwall terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif. Diharapkan, penggunaan media berbasis game ini dapat dijadikan alternatif dalam mengatasi tantangan pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2025