JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Kepemimpinan Adaptif dalam Islam: Respons terhadap Perubahan dalam Masyarakat Multikultural

Prayoga, Aden (Unknown)
Aimah, Siti (Unknown)
Afida, Rintan Arikda Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji kepemimpinan adaptif dalam Islam sebagai respons terhadap perubahan sosial di masyarakat multikultural, dengan fokus pada penerapan nilai-nilai Islam untuk menciptakan harmoni sosial. Tujuan utama penelitian adalah untuk mengidentifikasi karakteristik kepemimpinan adaptif dalam Islam, memahami strategi pemimpin dalam membangun kepercayaan dan kolaborasi lintas kelompok, serta mengeksplorasi peran nilai-nilai Islam dalam mempengaruhi sikap dan perilaku pemimpin. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus di komunitas multikultural. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam dengan pemimpin komunitas dan tokoh lintas agama, observasi partisipatif pada kegiatan dialog antar agama, workshop sosial, dan kampanye toleransi, serta analisis dokumen terkait kebijakan dan program kerja komunitas. Data yang diperoleh dianalisis secara tematik untuk mengidentifikasi pola utama seperti keadilan, empati, kolaborasi, dan pemberdayaan kelompok marginal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan adaptif dalam Islam mengedepankan nilai-nilai keadilan, empati, dan kolaborasi untuk mengatasi tantangan keberagaman. Pemimpin Islam memanfaatkan dialog terbuka, mediasi konflik, dan kolaborasi lintas agama untuk menciptakan lingkungan inklusif, sementara nilai-nilai Islam seperti toleransi dan keadilan menjadi panduan utama dalam merumuskan kebijakan dan prakarsa. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman kepemimpinan adaptif dalam konteks Islam sebagai model untuk mengelola keberagaman di masyarakat multikultural.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...