JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran IPS: Dampaknya terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa

Wati, Kholila (Unknown)
Yusnaldi, Eka (Unknown)
Lestari, Bunga (Unknown)
Juliana, Juliana (Unknown)
Rambe, Rahma Maulida (Unknown)
Rahmadani, Rahmadani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan dampaknya terhadap minat serta hasil belajar siswa. Dalam konteks ini, media audiovisual diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan mempermudah pemahaman konsep-konsep IPS yang kompleks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, di mana data yang relevan dikumpulkan dari berbagai sumber dan dianalisis untuk memahami efektivitas media audiovisual dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan tiga temuan utama: 1) Penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan minat belajar siswa, karena materi yang disajikan secara visual lebih menarik dan mudah dipahami dibandingkan dengan metode tradisional; 2) Media audiovisual membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis, karena mereka dapat melihat contoh nyata dari konsep yang diajarkan; 3) Integrasi media audiovisual dalam kurikulum IPS harus dilakukan secara sistematis agar dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, pendidikan IPS yang memanfaatkan media audiovisual tidak hanya meningkatkan minat siswa tetapi juga memperkuat pemahaman mereka terhadap materi Pelajaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...