Kemampuan spatial sense merupakan komponen penting dari pembelajaran matematika yang perlu dimiliki peserta didik dalam pengembangan kognitif, terutama di tingkat pendidikan dasar. Pada nyatanya kemampuan pemahaman ini masih sangat rendah di Indonesia. Data UNESCO memperlihatkan bahwasannya pendidikan matematika Indonesia berada pada posisi ke 34 dari 38 negara yang disurvei. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan soal atau proses evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode yang difokuskan pengembangan instrumen soal untuk mengukur kemampuan spatial sense dengan subjek dosen ahli untuk memvalidasi kelayakan isi, kebahasaan dan kelayakan materi serta 24 peserta didik kelas 5 di SDN Lengkong Wetan 1 melalui tahap define, design, dan develop yang menghasilkan 7 instrumen tes berbentuk uraian. Setelah diujikan menunjukkan bahwa instrumen soal kemampuan spatial sense memiliki nilai validitas yang tinggi sebesar 0,70 dan reliabilitas sebesar 0,82. Sedangkan tingkat kesukaran pada soal masih tergolong sedang dan daya pembeda yang cukup baik. Dengan demikian instrumen soal HOTS ini dapat digunakan oleh peserta didik, guru, orang tua untuk mengukur kemampuan pemahaman spatial sense.
Copyrights © 2025