JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Implementasi Aplikasi Classpoint dalam Pembelajaran PAI Kurikulum Merdeka di SMP Al-Hayat Samboja Barat

Syaifuddin, Arief (Unknown)
Yusuf, Iskandar (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2025

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak yang signifikan dalam bidang pendidikan, termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, pemanfaatan teknologi seperti aplikasi Classpoint merupakan sebuah inovasi yang diharapkan dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi penerapan ClassPoint dalam pembelajaran PAI di SMP Alhayat Samboja berdasarkan kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif seperti observasi, wawancara, dan pengumpulan data dengan guru dan siswa. Temuan menunjukkan bahwa aplikasi Classpoint berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran melalui fitur interaktif yang disediakannya. Guru dan siswa merasa terdukung dengan pengajaran materi yang lebih menarik dan mudah dipahami. Namun terdapat beberapa kegagalan yang teridentifikasi, antara lain: Misalnya, kualitas fasilitas, peralatan, dan jaringan internet yang terbatas sehingga menghambat kelancaran proses pembelajaran. Secara keseluruhan penerapan aplikasi Classpoint meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI, namun diperlukan perbaikan infrastruktur pendukung untuk lebih mengoptimalkan penerapan tersebut.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...