JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Penerapan Teaching at the Right Level Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis

Rosyid, Fatkhul Khoiru (Unknown)
Kusmaryono, Imam (Unknown)
Basir, Mochamad Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan yang penting untuk dimiliki peserta didik agar dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Perlu adanya inovasi dalam pembelajaran di kelas untuk mengembangkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Pendekatan teaching at the right level (TaRL) berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD) dapat menjadi solusi dalam mengembangkan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik melalui penerapan pendekatan TaRL berbantuan LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan di kelas XII-2 SMA Islam Sultan Agung 03 Semarang. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif berdasarkan perolehan rata-rata dan persentase hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TaRL berbantuan LKPD dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis peserta didik secara signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...