JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Kontribusi Ibn Khaldun terhadap Konsep Insan Kamil dalam Pendidikan Islam Modern

Siregar, Fathiyah Ikhsani (Unknown)
Sermal, Sermal (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran fundamental dalam membentuk individu yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, namun juga karakter yang dilandasi oleh nilainilai moral dan spiritual. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pemikiran Ibnu Khaldun tentang konsep “Insan Kamil”, menganalisis relevansi konsep tersebut dalam konteks pendidikan Islam modern, dan menyajikan sintesis antara pemikiran Ibnu Khaldun dengan perspektif modern. Artikel ini menggunakan metode studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran Ibnu Khaldun tentang pendidikan karakter masih tetap relevan dalam dunia pendidikan saat ini, terutama dalam pembentukan pemimpin yang tidak hanya unggul di akademik, tetapi juga memiliki integritas moral yang tinggi. Pendekatan holistik Ibnu Khaldun yang mengintegrasikan nilai-nilai agama, moral, dan pengetahuan menjadi fondasi penting dalam mencetak generasi yang berkarakter mulia dan berdaya saing global. Dengan mengadopsi prinsip-prinsip pendidikan yang dikemukakan oleh Ibnu Khaldun dan memadukannya dengan perspektif pendidikan modern, maka akan tercipta model pendidikan yang lebih komprehensif dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...