JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Solusi Untuk Mengatasi Keterbatasan Sumber Belajar di Sekolah dalam Pembelajaran PBL : Studi Kasus di SMA Negeri 14 Medan

Pandiangan, Christin Magdalena (Unknown)
Simorangkir, Marco Antonio (Unknown)
Anugerah, Randy (Unknown)
Sinambela, Sarianto (Unknown)
Mukra, Rizal (Unknown)
Arwita, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji solusi untuk mengatasi keterbatasan sumber belajar dalam pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri 14 Medan. Metode deskriptif kualitatif digunakan dengan teknik observasi dan penyebaran angket kepada guru Biologi dan 11 siswa. Hasil menunjukkan bahwa siswa memanfaatkan berbagai sumber belajar seperti buku cetak, Wikipedia, Brainly, AI, dan video YouTube. Namun, terdapat kendala dalam memilah informasi yang kredibel. Guru menghadapi tantangan dalam penggunaan teknologi untuk mengembangkan sumber belajar. Solusi yang diusulkan meliputi penggunaan e-book, buku saku, pemanfaatan kearifan lokal, dan pengembangan majalah pembelajaran berbasis eksplorasi. Penelitian ini menekankan pentingnya pembaruan dan peninjauan sumber belajar secara berkala, serta peningkatan keterampilan teknologi guru untuk mendukung pembelajaran PBL yang efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...