JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Pembelajaran IPS untuk Menumbuhkan Kesadaran Multikultural Pada Siswa SMP Swasta Utama Medan

Aini, Nadratul (Unknown)
Rohani, Rohani (Unknown)
Kadriana, Elsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMP Swasta Utama Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi partisipatif, wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan focus group discussion (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS telah berhasil mengintegrasikan nilai-nilai demokrasi, humanisme, dan pluralisme melalui penggunaan media visual, tugas berbasis proyek, diskusi kelas, dan program ekstrakurikuler seperti "Kamis Ekspresi". Strategi pembelajaran yang berbasis pengalaman langsung dan interaksi sosial terbukti efektif dalam menumbuhkan sikap toleransi, empati, dan penghargaan terhadap keberagaman. Namun, masih terdapat tantangan berupa kecenderungan siswa menggunakan bahasa daerah yang dapat menghambat komunikasi inklusif. Oleh karena itu, kebijakan penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar utama di kelas menjadi langkah penting untuk mendukung kesadaran multikultural siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...