JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Pada Komponen Kelincahan Melalui Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran PJOK Pada Peserta Didik Kelas VII-A SMP Negeri 26 Surabaya

Wiranata, Fajar Adi (Unknown)
Far’am, Farah Nadiyah Yunivia (Unknown)
Zuhriyah, Faizatuz (Unknown)
Puspita, Erina Ayu (Unknown)
Pujianto, Eko Dwi (Unknown)
Nurkholis, Nurkholis (Unknown)
Sandiko, Sandiko (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2025

Abstract

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan suatu proses yang mengoptimalkan keterlibatan dalam aktivitas fisik sebagai sebuah upaya untuk membuahkan perubahan yang bersifat menyeluruh dalam rangka peningkatan kualitas individu, yang meliputi dimensi fisik, emosional, dan mental. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kebugaran jasmani pada komponen kelincahan melalui pembelajaran dengan pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VII-A SMP Negeri 26 Surabaya yang berjumlah 30 peserta didik. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah Illinois Agility Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil rata-rata keseluruhan sebesar 1.9 (detik). Dengan demikian, pemberian model pembelajaran dengan pendekatan bermain berupa permainan instruksi sepatu, kucing dan tikus, permainan 1v1 kelincahan, dan estafet bola zig-zag dapat meningkatkan komponen kebugaran jasmani kelincahan pada pembelajaran PJOK.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...