JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Psikologis terhadap Kemampuan Berbicara, Menulis, dan Presentasi pada Mahasiswa

Fandanu, Dina Novita (Unknown)
Putri, Dilla Amalia (Unknown)
Lestari, Dian (Unknown)
Pamela, Nibia Zahra (Unknown)
Lisnawati, Iis (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor psikologis terhadap kemampuan berbicara, menulis, dan presentasi pada mahasiswa. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan desain survei untuk mengumpulkan data melalui instrumen berupa kuesioner yang mengukur variabel psikologis, seperti kepercayaan diri, kecemasan, dan motivasi, serta variabel kemampuan berbicara, menulis, dan presentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis, terutama kepercayaan diri dan motivasi intrinsik, memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan berbicara, menulis, dan presentasi. Sebaliknya, kecemasan cenderung memiliki pengaruh negatif terhadap kemampuan tersebut. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pengembangan strategi pendidikan yang dapat meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa dengan memperhatikan faktor psikologis yang mempengaruhi mereka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...