JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Konsep Al-‘Adl dalam Perspektif Al-Qur’an

Rahman, Abdul (Unknown)
Yusuf, Muhammad (Unknown)
Mardan, Mardan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji konsep al-'adl (keadilan) dalam perspektif Al-Qur'an dengan menggunakan pendekatan tematik. Keadilan merupakan salah satu nilai fundamental dalam ajaran Islam yang memiliki urgensi tinggi dalam kehidupan individual maupun sosial. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif-kualitatif dengan pendekatan tafsir tematik terhadap ayat-ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan konsep keadilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur'an menggunakan dua term utama untuk mengungkapkan konsep keadilan, yaitu al-'adl dan al-qisth. Meskipun keduanya memiliki makna tekstual yang sama yakni "keadilan", namun secara kontekstual memiliki perbedaan mendasar. Term al-'adl dengan arti dasar "sama rata" (السوية) lebih umum cakupannya dan digunakan untuk hal-hal yang dapat dicapai dengan mata batin seperti persoalan hukum, sedangkan al-qisth dengan arti dasar "lurus" (استقامة) digunakan untuk objek yang lebih terukur dan indrawi seperti takaran dan timbangan. Penelitian ini mengidentifikasi empat makna keadilan menurut Al-Qur'an: (1) adil dalam arti "sama", (2) adil dalam arti "seimbang", (3) adil dalam arti "perhatian terhadap hak-hak individu", dan (4) adil dalam arti "dinisbatkan kepada Ilahi". Prinsip-prinsip keadilan yang dituntut dalam kehidupan meliputi berlaku adil dalam timbangan dan ucapan, berlaku adil dalam kesaksian, dan berlaku adil terhadap lawan sekalipun. Penegakan keadilan memiliki urgensi tinggi karena bertujuan menciptakan kesejahteraan yang luas melalui pemeliharaan martabat kemanusiaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...