JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Membantu Kesulitan Membaca Pada Anak Kelas 1-3 SD Negeri 15 di Jorong Padang Sidondang

Satria, Dadi (Unknown)
Mutia, Dema Selfi (Unknown)
Rindiani, Rindiani (Unknown)
Asysyifa, Zahwa (Unknown)
Ramadhini, Sri Urmila (Unknown)
Zahra, Aurelia Az (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media kartu huruf dalam membantu mengatasi kesulitan membaca pada siswa kelas 1–3 di SD Negeri 15 yang terletak di Jorong Padang Sidondang. Kesulitan membaca pada anak usia sekolah dasar merupakan salah satu hambatan dalam proses pembelajaran yang dapat memengaruhi perkembangan akademik secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan guru kelas dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu huruf sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa secara bertahap. Siswa menjadi lebih antusias, aktif, dan mampu mengenali huruf serta merangkainya menjadi kata sederhana. Guru juga merasa terbantu dengan adanya media ini karena dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih menyenangkan dan interaktif. Media kartu huruf terbukti efektif dalam mengurangi hambatan awal dalam belajar membaca, terutama bagi siswa dengan kemampuan dasar membaca yang masih rendah. Dengan demikian, penggunaan media visual seperti kartu huruf dapat menjadi solusi alternatif dalam pembelajaran membaca di tingkat sekolah dasar, khususnya di daerah yang memiliki keterbatasan sumber belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...