JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 22 Baringin Kabupaten Tanah Datar

Adamarta, Farel (Unknown)
Zuryanty, Zuryanty (Unknown)
Media, Afriza (Unknown)
Farida, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah, hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih dominan bersifat satu arah dan guru kurang menerapkan variasi model pembelajaran tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 22 Baringin Kabupaten Tanah Datar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Pada setiap siklus melibatkan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SDN 22 Baringin Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) modul ajar siklus I dengan rata-rata 87,45% (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 96,42% (SB); b) pelaksanaan pada aspek aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 85,71% (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 96,42% (SB); c) hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata 77,25 (C) dan meningkat pada siklus II menjadi 90,5 (SB). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...