JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Analisis Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Proses Pembelajaran Siswa Kelas III

Awalia, Eby Sania (Unknown)
Afandi, Muhammad (Unknown)
Wibowo, Djoko Rohadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di tingkat sekolah dasar, khususnya kelas III. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi dan menganalisis keterampilan guru dalam pengelolaan kelas serta faktor yang memengaruhinya di SD IT Menara Fitrah Indralaya. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Sampel penelitian terdiri dari satu guru dan 15 siswa kelas III. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dianalisis melalui teknik triangulasi dan analisis Miles & Huberman. Hasil menunjukkan bahwa guru memiliki kompetensi dalam menciptakan dan mempertahankan perhatian siswa, mengelola kegiatan, mengatur interaksi, menangani perilaku, dan menciptakan lingkungan kondusif secara efektif. Faktor pendukung utama meliputi kompetensi guru, keragaman karakter siswa, dan fasilitas sekolah. Kesimpulan, keterampilan pengelolaan kelas yang baik berkontribusi positif terhadap keberhasilan pembelajaran dan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Penelitian ini menyarankan peningkatan pelatihan dan fasilitas sebagai langkah strategis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...