Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di tingkat sekolah dasar, khususnya kelas III. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi dan menganalisis keterampilan guru dalam pengelolaan kelas serta faktor yang memengaruhinya di SD IT Menara Fitrah Indralaya. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Sampel penelitian terdiri dari satu guru dan 15 siswa kelas III. Instrumen pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dianalisis melalui teknik triangulasi dan analisis Miles & Huberman. Hasil menunjukkan bahwa guru memiliki kompetensi dalam menciptakan dan mempertahankan perhatian siswa, mengelola kegiatan, mengatur interaksi, menangani perilaku, dan menciptakan lingkungan kondusif secara efektif. Faktor pendukung utama meliputi kompetensi guru, keragaman karakter siswa, dan fasilitas sekolah. Kesimpulan, keterampilan pengelolaan kelas yang baik berkontribusi positif terhadap keberhasilan pembelajaran dan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Penelitian ini menyarankan peningkatan pelatihan dan fasilitas sebagai langkah strategis.
Copyrights © 2025