JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan E-Modul Kaidah Kerja Ilmiah Berbasis Guided Discovery Learning Terintegrasi Etnosains Pada Fase E SMA

Kamilah, Rodiatul (Unknown)
Yerimadesi, Yerimadesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-modul kaidah kerja ilmiah berbasis guided discovery learning terintegrasi etnosains untuk pembelajaran fase E kurikulum merdeka guna  meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik serta dapat mempelajari materi kimia dengan konteks budaya atau lingkungan sosial peserta didik sesuai tuntutan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dan metode pengembangan four D models (4D) terbatas hingga  hingga tahap development dengan uji validitas dan praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 2 orang guru kimia dari SMAN 1 Ukui serta uji praktikalitas dilakukan terhadap 2 orang guru kimia dan 26 orang peserta didik. Hasil analisis data validasi produk menggunakan Aiken’s V diperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 0,90 dengan kategori valid dan hasil analisis praktikalitas terhadap guru dan peserta didik diperoleh persentase 94% dan 89% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa produk E-modul kaidah kerja ilmiah berbasis guided discovery learning terintegrasi etnosainsi untuk fase E SMA telah memenuhi kriteria valid dan praktis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...