JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Model Cooperative learning tipe Jigsaw Berbantuan Media Manipulatif terhadap Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian

Fitriani, Rahma Ayu (Unknown)
Maulana, Maulana (Unknown)
Irawati, Riana (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep peserta didik terhadap pembelajaran matematika khususnya pada materi perkalian dan pembagian bilangan cacah sehingga memerlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjabarkan pengaruh dari model cooperative learning tipe Jigsaw berbantuan media manipulatif terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Jakamulya I. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemahaman konsep dan observasi kinerja guru serta observasi aktivitas peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model Cooperative learning tipe Jigsaw berbantuan media manipulatif memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...