JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Termodinamika Kelas XI UPT SMAN 3 Takalar

Abnur, Adelia Putri (Unknown)
Suhardiman, Suhardiman (Unknown)
Hasrianti, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Termodinamika, serta untuk mengukur tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul tersebut dalam pembelajaran fisika di kelas XI UPT SMAN 3 Takalar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D), karena bertujuan menghasilkan produk berupa e-modul serta menguji kualitas produk tersebut berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA 2 UPT SMAN 3 Takalar. Instrumen penelitian meliputi angket validasi, soal pilihan ganda untuk tes hasil belajar, dan produk e-modul ajar. Pada tahap uji keefektifan, digunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis statistik deskriptif terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul memiliki nilai validitas sebesar 0,87, yang berada pada kategori valid. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul termodinamika berbasis PBL layak digunakan dalam pembelajaran. Aspek kepraktisan ditinjau dari hasil respon peserta didik terhadap penggunaan e-modul, dengan rincian: 24% sangat praktis, 67% praktis, 6% cukup praktis, dan 3% kurang praktis. Adapun aspek keefektifan didasarkan pada hasil post-test peserta didik, yang menunjukkan bahwa 82% dari mereka mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sekolah, yaitu 72. Berdasarkan keseluruhan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-modul termodinamika berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan tergolong valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran fisika di jenjang SMA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...