Penerapan Kurikulum Merdeka sangat krusial dalam menjawab tantangan pendidikan abad ke-21, yang menuntut siswa tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga berkarakter kuat, mampu berpikir kritis, kreatif, dan berkolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka dalam pengajaran Bahasa Inggris di SMP dan dampaknya terhadap motivasi belajar, keterampilan Bahasa Inggris, kemandirian belajar, pengembangan pribadi, dan kesadaran sosial siswa. Partisipan dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas sembilan di SMPN. Kelas ini dipilih berdasarkan observasi awal, yang menunjukkan bahwa mereka memiliki pemahaman yang lebih baik dan pengalaman yang lebih lama dengan Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMPN 2 Pegajahan yang menerapkan Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif terhadap sejumlah faktor perkembangan siswa. Berkat kegiatan pembelajaran yang interaktif, adaptif, dan relevan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat mereka, siswa menunjukkan motivasi dan minat belajar yang lebih besar.
Copyrights © 2025