JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

The Implementation of Merdeka Curriculum in English Teaching at SMPN Pegajahan

Hasyim, Salwa Khumairoh (Unknown)
Lubis, Yani (Unknown)
Sakinah, Firza (Unknown)
Nasution, Rosanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2025

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka sangat krusial dalam menjawab tantangan pendidikan abad ke-21, yang menuntut siswa tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga berkarakter kuat, mampu berpikir kritis, kreatif, dan berkolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka dalam pengajaran Bahasa Inggris di SMP dan dampaknya terhadap motivasi belajar, keterampilan Bahasa Inggris, kemandirian belajar, pengembangan pribadi, dan kesadaran sosial siswa. Partisipan dalam penelitian ini adalah 27 siswa kelas sembilan di SMPN. Kelas ini dipilih berdasarkan observasi awal, yang menunjukkan bahwa mereka memiliki pemahaman yang lebih baik dan pengalaman yang lebih lama dengan Kurikulum Merdeka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMPN 2 Pegajahan yang menerapkan Kurikulum Merdeka memberikan dampak positif terhadap sejumlah faktor perkembangan siswa. Berkat kegiatan pembelajaran yang interaktif, adaptif, dan relevan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan minat mereka, siswa menunjukkan motivasi dan minat belajar yang lebih besar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...