Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru pendidikan agama islam dalam membina kecerdesan spiritual siswa serta mengidentifikasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh guru pendidikan agama islam, terutama dalam melaksanakan tanggung jawab mereka sebagai pembimbing umat keagamaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan lokasi dan subjek penelitian adalah Akademi Maritim Cirebon. Fokus penelitian adalah peran guru dalam pendidikan agama Islam dan meningkatkan kecerdasan spiritual siswa. Penelitian ini menggunakan teknik penarikan dengan menggunakan instrumen seperti observasi, pedoman, wawancara, catatan dokumentasi, dan Kajian Perpustakaan (Kepustakaan) menggunakan kutipan langsung dan kutipan tidak langsung, dan penelitian lapangan (lapangan) menggunakan observasi, wawancara, dan analisis deskriptif data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam sangat penting dalam membangun kecerdasan spiritual siswa di Akademi Maritim Cirebon. Salah satu upaya guru pendidikan agama Islam adalah untuk memberikan pemahaman dan contoh tentang pentingnya kebiasaan hidup Islami melalui strategi pembiasaan. Namun, pembinaan ini masih terkendala oleh faktor penghambat, seperti dampak terhadap lingkungan tempat siswa bergaul dan kebiasaan di rumah mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua pihak harus bekerja sama antara guru dan orangtua untuk membina kebiasaan islami.
Copyrights © 2025