Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model PBL yang dipadukan dengan media Wordwall. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini seperti lembar observasi, soal tes tertulis, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan adanya kenaikan rerata nilai belajar siswa dari siklus 1 sebesar 82 menjadi 86 dalam siklus 2, disertai peningkatan jumlah siswa yang memenuhi kategori mahir dan cakap. Dalam siklus pertama, terdapat 6 siswa memenuhi kategori mahir serta 13 siswa memenuhi kategori cakap, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 11 peserta didik mahir dan 14 peserta didik cakap. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan media Wordwall efektif dalam meningkatkan keaktifan, pemahaman materi, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Copyrights © 2025