JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model PBL Berbantuan Media Wordwall

Nabilla, Salsa (Unknown)
Azzahra, Firda (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model PBL yang dipadukan dengan media Wordwall. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 1 Lubuk Sikaping. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini seperti lembar observasi, soal tes tertulis, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian memperlihatkan adanya kenaikan rerata nilai belajar siswa dari siklus 1 sebesar 82 menjadi 86 dalam siklus 2, disertai peningkatan jumlah siswa yang memenuhi kategori mahir dan cakap. Dalam siklus pertama, terdapat 6 siswa memenuhi kategori mahir serta 13 siswa memenuhi kategori cakap, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 11 peserta didik mahir dan 14 peserta didik cakap. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan media Wordwall efektif dalam meningkatkan keaktifan, pemahaman materi, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...