JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung Pantai Rio by the Beach Kalianda Lampung Selatan

Firmansyah, Andi (Unknown)
Tamam, Tamam (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2025

Abstract

Pariwisata merupakan sektor strategis yang berperan penting dalam peningkatan devisa dan memerlukan pengelolaan profesional untuk menarik minat wisatawan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan dan kepastian (assurance), empati (empathy), dan bukti fisik (tangibles) terhadap kepuasan pengunjung Pantai Rio By The Beach Kalianda Lampung Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 190 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis menggunakan regresi linear berganda, koefisien determinasi, serta uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima variabel independen secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Temuan ini menegaskan bahwa peningkatan kualitas pelayanan pada seluruh dimensi sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan wisatawan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...