JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Penerapan Pendekatan Problem Posing Matematis terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTs Al-Mustaqim

Evitasari, Evitasari (Unknown)
Suriyana, Suriyana (Unknown)
Fitriana, Ika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan pendekatan Problem posing matematis dan menganalisis peningkatannya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MTs Al-Mustaqim pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa akibat metode pembelajaran konvensional yang cenderung pasif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design, melibatkan 16 siswa kelas VIII C MTs Al-Mustaqim. Data dikumpulkan melalui tes (pretest dan posttest) serta observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran yang sangat baik (93%–98%) serta peningkatan rata-rata nilai dari 52,5 menjadi 80,56. Peningkatan terjadi pada semua indikator berpikir kreatif: kelancaran ide (fluency), fleksibilitas berpikir (flexibility), orisinalitas (originality), dan elaborasi (elaboration). Hasil ini mengindikasikan bahwa pendekatan Problem posing matematis efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi SPLDV.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...