Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan pendekatan Problem posing matematis dan menganalisis peningkatannya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MTs Al-Mustaqim pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa akibat metode pembelajaran konvensional yang cenderung pasif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design, melibatkan 16 siswa kelas VIII C MTs Al-Mustaqim. Data dikumpulkan melalui tes (pretest dan posttest) serta observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran yang sangat baik (93%–98%) serta peningkatan rata-rata nilai dari 52,5 menjadi 80,56. Peningkatan terjadi pada semua indikator berpikir kreatif: kelancaran ide (fluency), fleksibilitas berpikir (flexibility), orisinalitas (originality), dan elaborasi (elaboration). Hasil ini mengindikasikan bahwa pendekatan Problem posing matematis efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi SPLDV.
Copyrights © 2025