JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Jarimatika terhadap Hasil Belajar Soal Perkalian Siswa Kelas III SDN 7 Singkawang Tahun Ajaran 2023/2024

Ningrum, Pra Setya (Unknown)
Rosdianto, Haris (Unknown)
Kariadi, Dodik (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1.Mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Soal Perkalian Siswa Kelas III  SDN 7 Singkawang. 2. Mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Soal Perkalian Siswa Kelas III SDN 7 Singkawang. Desain penelitian eksperimen dalam penelitian ini menggunakan bentuk Nonequivalent control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III A dan kelas III B SDN 07 Singkawang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh  Model Problem Based Learning  Berbantuan Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Soal Perkalian Siswa Kelas III SDN 7 Singkawang. Hal ini dibuktikan dengan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji statistik parametrik yaitu dengan uji T, titung ttabel pada hasil post-test.Model Problem Based Learning  Berbantuan Jarimatika berpengaruh sangat besar Terhadap Hasil Belajar Soal Perkalian  Siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan data siswa menggunakan rumus Effect Size diperoleh nilai Effect Size (Es) yaitu 1,41 terletak pada kriteria sangat besar. Maka dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh model Problem Based Learning  Berbantuan Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Soal Perkalian Siswa berada pada kriteria sangat besar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...