Penelitian ini bertujuan untuk: 1.Mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Soal Perkalian Siswa Kelas III SDN 7 Singkawang. 2. Mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Soal Perkalian Siswa Kelas III SDN 7 Singkawang. Desain penelitian eksperimen dalam penelitian ini menggunakan bentuk Nonequivalent control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas III A dan kelas III B SDN 07 Singkawang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Soal Perkalian Siswa Kelas III SDN 7 Singkawang. Hal ini dibuktikan dengan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji statistik parametrik yaitu dengan uji T, titung ttabel pada hasil post-test.Model Problem Based Learning Berbantuan Jarimatika berpengaruh sangat besar Terhadap Hasil Belajar Soal Perkalian Siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan data siswa menggunakan rumus Effect Size diperoleh nilai Effect Size (Es) yaitu 1,41 terletak pada kriteria sangat besar. Maka dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh model Problem Based Learning Berbantuan Jarimatika Terhadap Hasil Belajar Soal Perkalian Siswa berada pada kriteria sangat besar.
Copyrights © 2025