JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Peran Kie Apoteker dan Tingkat Kepatuhan Terapi Pada Pasien HIV atau AIDS

Mahmudah, Afina (Unknown)
Retnowati, Eko (Unknown)
Husna, Ulviani Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan menganalisis peran apoteker dalam pemberian KIE dan Tingkat kepatuhan pasien ODHA. Jenis penelitian ini menerapkan metode campuran, dengan desain kuantitatif dan kualitatif observasi data menggunakan pendekatan cross-sectional. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian diambil dengan metode total sampling. Pengumpulan data diambil dengan melakukan pengisian kuesioner tentang Peran KIE dan Tingkat Kepatuhan Terapi Pasien. Analisis data menggunakan analisis rank spearman. Hasil penelitian menyatakan sebagian besar pasien HIV AIDS di Puskesmas memiliki tingkat pengetahuan terhadap Peran KIE Apoteker dalam kategori baik yaitu sebesar 66 (98,5%) dan ada 1 hasil atau (1,5%) memiliki jawaban tidak baik. Hasil analisis rank spearman didapatkan taraf signifikansi 0,098 ≤ 0,05.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara peran Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) yang dilakukan oleh apoteker dengan karakteristik responden. Namun, tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara tingkat kepatuhan terapi pasien HIV atau AIDS dengan karakteristik responden seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan. Hal ini menunjukkan bahwa peran KIE apoteker memiliki pengaruh dalam proses edukasi dan pemahaman pasien, namun tingkat kepatuhan terapi lebih dipengaruhi oleh faktor lain di luar karakteristik individu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...