JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Pola Asuh terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Pra-Sekolah Literatur Review

Patty, Olivia Valencia (Unknown)
Rege, Firda Wella (Unknown)
Binalay, Rebeca Cheline (Unknown)
Niron, Elisabet Widia (Unknown)
Sari, Ni Luh Made Reny Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Masalah perkembangan motorik kasar pada anak pra-sekolah artinya aspek penting pada tumbuh kembang anak pada Indonesia yang ditentukan sang berbagai faktor, keliru satunya merupakan pola asuh orang tua. Tujuan penelitian ini menggunakan bentuk literatur revieuw untuk menelaah hubungan antara pola asuh dengan perkembangan motorik kasar pada anak usia pra-sekolah melalui pendekatan kajian pustaka. Metode yg dipergunakan merupakan literature revieuw terhadap tiga jurnal yang relevan dan dipublikasi pada lima tahun terakhir yaitu tiga jurnal yg membahas topik serupa, 2 pada antaranya meneliti eksklusif hubungan antara pola asuh (otoriter, permisif, demokratis) menggunakan perkembangan motorik kasar, dan satu jurnal mendeskripsikan kondisi umum perkembangan motorik kasar anak usia 4–6 tahun. hasil review membagikan bahwa pola asuh demokratis cenderung berkorelasi positif menggunakan perkembangan motorik kasar yang optimal, ada interim pola asuh otoriter serta permisif berkaitan menggunakan keterlambatan perkembangan. kesimpulan asal literature review ini ialah bahwa pola asuh orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan motorik kasar anak, sebagai akibatnya diharapkan edukasi berkelanjutan bagi orang tua agar dapat menerapkan pola asuh yang mendukung pertumbuhan anak secara menyeluruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...