Dalam proses pembelajaran, model pembelajaran berperan dalam mendukung aktivitas mengajar guru sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Pemahaman konsep adalah salah satu hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis seberapa besar peningkatan kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV di SD Negeri 211/IX Mendalo Darat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau classroom action research yang berfokus pada situasi di dalam kelas. Metode penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan McTaggart, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi, serta perencanaan kembali. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Metode pengumpulan yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas guru di siklus I dan berikutnya sebesar 19%, sedangkan aktivitas siswa mengalami kenaikan sebesar 18%, dan kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat 20% antara siklus pertama dan kedua Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa di Sekolah Dasar dalam pembelajaran Matematika.
Copyrights © 2025