JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Hubungan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa terhadap Self- Efficcy Siswa Al-Ishlah Pontianak

Juliani, Juliani (Unknown)
Suriyana, Suriyana (Unknown)
Fitriana, Ika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kemampuan koneksi matematis terhadap self-efficacy siswa kelas X SMA Al-Ishlah Pontianak pada materi statistika. Hipotesis penelitian menyatakan bahwa terdapat hubungan positif antara self-efficacy dengan kemampuan koneksi matematis siswa tersebut di tolak.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Al-Ishlah Pontianak tahun ajaran 2024-2025 yang berjumlah 10 siswa, dan seluruh populasi dijadikan sampel (teknik sensus). Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan koneksi matematis ( 5 soal uraian) dan angket self-efficacy (skala Likert). Data dianalisis menggunakan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji korelasi Kendall's Tau dengan bantuan program Jamovi. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data kemampuan koneksi matematis berdistribusi normal (p=0,114), sedangkan data self-efficacy tidak berdistribusi normal (p=0,022). Hasil uji korelasi Kendall's Tau menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0,329 dengan nilai signifikansi (p-value) 0,891. Nilai signifikansi ini lebih besar dari 0,05, yang mengindikasikan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan kemampuan koneksi matematis siswa. Arah korelasi yang negatif dan lemah juga berlawanan dengan hipotesis awal. Temuan ini menunjukkan bahwa tingkat self-efficacy siswa, meskipun sebagian besar berada dalam kategori sedang (60%), tidak berbanding lurus dengan kemampuan koneksi matematis yang tergolong sangat rendah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...