Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media interaktif Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 2 Kawan pada materi preposisi dalam bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa, dan data dikumpulkan melalui pre-test, post-test, observasi, dan dokumentasi. Hasil pre-test menunjukkan bahwa hanya 36% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP), dengan skor rata-rata 66,6. Setelah penerapan media Wordwall, persentase ketuntasan meningkat menjadi 72% pada siklus I dan 84% pada siklus II, dengan skor rata-rata 80,2. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa terhadap materi preposisi. Media ini juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mendukung pembelajaran aktif, partisipatif, dan berpusat pada siswa berdasarkan Kurikulum Mandiri.
Copyrights © 2025