Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan nilai-nilai serta model pendidikan kewirausahaan yang relevan di tingkat sekolah dasar. Metode yang digunakan berupa kajian literatur untuk memperoleh pemahaman komprehensif terkait konsep, pendekatan, dan praktik pendidikan kewirausahaan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan di sekolah dasar berperan penting dalam menumbuhkan karakter wirausaha pada peserta didik melalui internalisasi nilai-nilai kewirausahaan sejak dini. Untuk mewujudkan hal tersebut, pendidik dituntut mampu memilih dan menerapkan model pendidikan kewirausahaan yang tepat dengan mempertimbangkan kebutuhan dan tahap perkembangan peserta didik mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian dan evaluasi. Dengan demikian, beragam model pembelajaran kewirausahaan dapat diadaptasi selama proses pembelajaran agar implementasinya menjadi lebih terstruktur, sistematis, dan efektif.
Copyrights © 2025