JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Moderat dalam Mewujudkan Harmonisasi Masyarakat Sekolah di SMA Negeri 1 Porong

Rohmah, Nur Kholifatur (Unknown)
Anam, Saeful (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini menyelidiki internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam moderat untuk menumbuhkan kerukunan sosial dalam komunitas sekolah yang beragam di SMA Negeri 1 Porong, Indonesia. Dalam masyarakat multikultural, pendekatan moderat sangat penting untuk mengatasi potensi konflik. Studi ini mengidentifikasi nilai-nilai kunci—tawwāssuth (kesederhanaan), ta'adul (keadilan), dan tawāzzun (keseimbangan)—yang tertanam dalam pendidikan agama, menggunakan tahapan transformasi nilai Muhaimin: transinformasi, transaksi, dan transinternalisasi. Pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Para pemangku kepentingan, termasuk pemimpin sekolah, guru, siswa, orang tua, dan masyarakat, secara kolaboratif menciptakan lingkungan yang inklusif, dengan inisiatif seperti Literasi Jumat yang mempromosikan nilai-nilai ini. Temuan ini menawarkan wawasan teoretis dan panduan praktis untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam moderat dalam pendidikan, yang berfungsi sebagai model untuk menumbuhkan kerukunan dalam masyarakat yang beragam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...