Perubahan dari Kurikulum Merdeka ke Kurikulum berbasis deep learning approach menimbulkan tantangan baru bagi calon guru, terutama mahasiswa PGSD. Kurikulum berbasis deep learning approach menekankan pada konsep yang mendalam, keterampilan berpikir kritis, dan hubungan antara pengetahuan dengan pengalaman nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa PGSD di Universitas Riau dalam beradaptasi dengan transisi kurikulum. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kuantitatif dengan metode survei, yang dirancang untuk memperoleh data secara sistematis dari mahasiswa PGSD, metode survey dilakukan pada 29 mahasiswa PGSD angkatan 2023. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang terdiri dari pertanyaan semi terbuka. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa menghadapi banyak tantangan karena kurangnya pengalaman praktis dan pelatihan yang memadai, tidak memahami konsep Pembelajaran Mendalam, serta adanya perbedaan mendasar dalam kurikulum. Temuan penelitian ini menunjukkan perlunya peningkatan program pelatihan dan pendampingan akademik yang lebih terarah, disertai pengalaman praktik lapangan yang lebih luas. Upaya tersebut diharapkan dapat membantu mahasiswa PGSD memahami konsep pembelajaran mendalam secara lebih utuh sekaligus mempersiapkan mereka menghadapi penerapan kurikulum berbasis deep learning approach dengan lebih baik.
Copyrights © 2025