JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Pembentukan Lingkungan Sekolah dalam Mencegah Perilaku Bullying di Kalangan Pelajar SMA

Putri, Anzila Amanda (Unknown)
Siagian, Christian Yopie Daniel Siregar (Unknown)
Maharani, Khairika (Unknown)
Sari, Sarah Anjania (Unknown)
Kusbama, Siti Annisa (Unknown)
Yunita, Sri (Unknown)
Ananda, Yona Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis peran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dalam mencegah perundungan di sekolah karena meskipun PKn diajarkan perundungan (Bullying) masih sering terjadi. Tujuannya adalah untuk mengukur seberapa efektif PKn dalam membentuk sikap anti- bullying pada siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa PKn akan efektif jika diimplementasikan secara praktis, bukan hanya teori. Keberhasilannya bergantung pada program nyata seperti "Roots" yang melibatkan siswa, peran guru sebagai teladan, serta dukungan dari aturan sekolah yang jelas, konselor, dan orang tua. Dengan demikian, PKn dapat menjadi alat untuk mengubah budaya sekolah menjadi lebih aman dan inklusif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...