JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Perbandingan Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Model Diferensiasi dalam Meningkatkan Minat Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada SD Muhammadiyah 019 Bangkinang Kota

Raimando, Dego Akbar (Unknown)
Vitriani, Vitriani (Unknown)
Herlandy, Pratama Benny (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas model pembelajaran Project Based Learning dengan model Diferensiasi dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Subjek penelitian terdiri dari 31 siswa kelas A dan 31 siswa kelas B. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar untuk melihat pretest, dan posttest. Kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t, serta perhitungan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Project Based Learning lebih efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa dibandingkan Diferensiasi. Pada kelas Project Based Learning, rata-rata skor pretest 33,32 meningkat menjadi 40,81 pada posttest, dengan N-gain 7,49% (cukup efektif). Sedangkan pada kelas Diferensiasi, rata-rata skor pretest 35,35 hanya meningkat menjadi 35,84 pada posttest, dengan N-gain 0,5% (kurang efektif). Penelitian ini merekomendasikan penerapan model pembelajaran Project Based Learning.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...