JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Berbantuan Media Kuis Berbasis Aplikasi Quiziz Siswa kelas Xl di SMA Negeri 1 Kota Jambi

Nathania, F (Unknown)
Sofyan, Sofyan (Unknown)
Lisa, R (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar sejarah berbantuan media kuis berbasis aplikasi quiziz siswa kelas Xl di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Metode dan teknik penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Fase F SMA Negeri 1 Kota Jambi yang berjumlah 32 siswa, yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa terdapat peningkatan minat belajar siswa kelas XI Fase F SMA Negeri 1 Kota Jambi menggunakan media pembelajaran Quiziz . Hasil penelitian pada siklus I didapatkan hasil 62% dan 68%,sedangkan siklus II 73% dan 78% dan di siklus III 80% dan 86%. Menunjukkan terjadi peningkatan signifikan antara siklus satu dan siklus berikutnya. Kesimpulan dari penerapan metode kuis berbasis Quiziz mampu meningkatkan minat belajar kelas XI SMA N 1 Kota Jambi pada mata pelajaran sejarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...