JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VII Pada Materi IPA

Sembiring, Dea Laurenta Br (Unknown)
Azhar, Aulia (Unknown)
Lestari, Tuti (Unknown)
Oktavia, Rani (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2025

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan guna menganalisis dampak penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model inkuiri terbimbing dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pencapaian belajar, lembar observasi, dan kuesioner tanggapan peserta didik. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa terdapat pegaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII pada materi IPA perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata posttest yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (Zhitung = 3,12 ≥ Ztabel = 2,01). Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...