Penelitian yang dilakukan bertujuan guna menganalisis dampak penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model inkuiri terbimbing dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pencapaian belajar, lembar observasi, dan kuesioner tanggapan peserta didik. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa terdapat pegaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII pada materi IPA perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata posttest yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (Zhitung = 3,12 ≥ Ztabel = 2,01). Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi IPA.
Copyrights © 2025