JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Pengaruh Media Flip Chart Berbasis Gambar terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa MIS El Mumtaz

Zahra, Putri (Unknown)
Salim, Salim (Unknown)
Rambe, Riris Nurkholidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2025

Abstract

Membaca adalah langkah pertama yang dilakukan siswa untuk memahami teks. Pemahaman membaca modern meningkat pesat dalam pendidikan. Pembelajaran cara membaca dengan teliti di sekolah dasar harus dipertimbangkan sejak awal, terutama untuk meningkatkan keterampilan pemahaman membaca siswa sehingga mereka dapat memahami bacaan. Berdasarkan jenjang kelas dan jenis keterampilan membaca, siswa sekolah dasar dibedakan dalam proses pengajaran membaca di sekolahnya. Mulai dari siswa kelas atas seperti di kelas IV, V, dan VI yang memiliki keterampilan membaca pemahaman (membaca isi tanpa bersuara) menerima instruksi lanjutan tentang membaca, berbeda dengan kelas bawah misalnya di kelas I, II, dan III yang memiliki keterampilan membaca teknis (membaca nyaring) menerima instruksi awal tentang membaca. Kemajuan siswa dalam pengalaman pertumbuhan bergantung pada kemampuan membaca dan memahami, baik siswa kelas rendah maupun kelas tinggi. Sekolah dasar harus meningkatkan kemampuan membaca mereka karena proses belajar mengajar bergantung pada kemampuan mereka untuk memahami apa yang mereka baca. Kemampuan membaca pemaham siswa kelas V di MIS Maura El Mumtaz belum dikategorikan baik, menurut temuan dari wawancara guru kelas V Maura El Memtaz, guru wali kelas V memberikan data awal untuk penelitian ini. Penelitian menemukan bahwa sebagian besar kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di MIS Maura El Mumtaz dikategorikan baik; ada sekitar sepuluh siswa yang belum dapat membaca dengan lancar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...