penelitian yang telah dilakukan berjudul “peningkatan kemampuan praktik gerakan shalat anak usia 4-5 tahun dengan APE kotak ibadah” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan anak usia 4–5 tahun dalam mempraktikkan gerakan shalat sebelum diberikan perlakuan menggunakan media APE kotak ibadah.,selama penerapan pelaksanaan media APE kotak ibadah,serta mengamati respon anak dan untuk mengetahui kemampuan praktik gerakan shalat anak sesudah diterapkan media APE kotak ibadah. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 17 anak berusia 4–5 tahun, dengan rincian 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung serta dokumentasi.Target keberhasilan apabila persentase keseluruhan 75% anak mengalami peningkatan kemampuan praktik gerakan shalat dengan menggunakan media APE kotak ibadah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan praktik gerakan shalat anak usia 4-5 tahun sebelum diberikan perlakuan melalui APE kotak ibadah (pra-siklus) masih rendah, dengan persentase 34,38% atau rata-rata nilai 11. Penelitian ini kemudian dilakukan dalam dua tahap, yaitu Siklus I dan Siklus II. Setelah penerapan Siklus I, kemampuan anak meningkat menjadi 58,27% dengan rata-rata nilai 18,65. Selanjutnya, pada Siklus II dengan tetap menggunakan media APE kotak ibadah, terjadi peningkatan lebih lanjut menjadi 83,27% dengan rata-rata nilai 26,65%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media APE kotak ibadah mampu meningkatkan kemampuan anak usia 4–5 tahun dalam mempraktikkan gerakan shalat. Melalui penerapan media ini, anak lebih mudah memahami serta menirukan gerakan shalat karena proses belajar dilakukan secara visual melalui gambar dan aktivitas bermain sambil belajar. Media ini juga layak digunakan oleh guru sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran praktik gerakan shalat pada anak.
Copyrights © 2025