Kode : Jurnal Bahasa
Vol. 13 No. 1 (2024): Kode: Edisi Maret 2024

Integrasi Media Sosial dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa di Prodi PBSI UAD Pada Era Society 5.0

Wirawati, Denik (Unknown)
Rahman, Hasrul (Unknown)
Fahmi, Syariful (Unknown)
Qurrota A'yun, Elrida Syafa (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2024

Abstract

Penelitian in bertujuan memaparkan integrasi media sosial di dalam proses pembelajaran keterampilan berbahasa (membaca, menyimak) di prodi PBSI UAD semester gasal. Penelitian ini dilatarbelakangi, sebagai pengajar hendaknya mengembangkan diri dalam proses mengajar. Penelitian memaparkan gambaran integrasi media sosial dalam pembelajaran keterampilan berbahasa di prodi PBSI UAD pada era society 5.0. Metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel; random pada matakuliah membaca, menyimak. Masing-masing mengambil satu kelas sebagai sampel data. Jumlah mahasiswa kurang lebih 30. Teknik samplingnya adalah probility sampling. Hasil penelitian yaitu integrasi media sosial dilakukan pada pembelajaran komprehensi tulis (membaca) dan komprehensi Lisan (menyimak). Integrasi media sosial dengan menggunakan Youtobe, tiktok dan Instagram dalam tahap pembukaan, inti, penutup serta evaluasi dalam proses pembelajaran keterampilan membaca dan menyimak. Pentingnya sebagai dosen mengikuti perkembangan teknologi yang disesuaikan dengan generasi Z. Artikel ini dapat digunakan sebagai referensi kedepan bagi pembaca khususnya pengajar bahwa media sosial dapat diintegrasikan dalam pembelajaran membaca dan menyimak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kjb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Kode adalah jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember. Aspek kajian jurnal ini berisi tentang hasil penelitian dan ...