Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)
Vol 2 No 4 (2024): Jurnal Guru Pencerah Semesta (JGPS)

Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Menggunakan Media E-Book SD 1 Muhammadiyah Turikale

Rajab, Abd (Unknown)
Magfirah (Unknown)
Dewa, Nurfadillah Y.A (Unknown)
Nabil, Muhammad (Unknown)
Muhaymin, Safar (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa menggunaan media E-Book di SD 1 Muhammadiyah Turikale. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian ini adalah kelas III yang berjumlah 33 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama 3 pekan. Pelaksanaan tindakan ini dilaksanakan selama tiga pekan, setiap pekannya mencakup pembelajaran dan penilaian. Penyajian materi siklus pertama dimulai tanggal 14 September 2023 dan tes siklus pertama pada tanggal 18 September 2023. Penyajian materi siklus kedua dimulaitanggal 19 September 2023 dan tes siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa siklus I mencapai rata-rata 73,3%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88,5%. Kontribusi penerapan media pembelajaran Wordwall terhadap peningkatan minat belajar siswa sangat signifikan artinya berada pada kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru menerapkan media E-book dalam pembelajaran berhasil meningkatkan kemampuan membaca siswa SD 1 Muhammadiyah Turikale.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gurupencerahsemesta

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Pencerah Semesta atau disingkat JGPS merupakan wadah publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dikelola dalam lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar melalui Unit Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K). Jurnal ilmiah ini ...