Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 1 (2023): Cartesian Vol. 3 No. 1 November 2023

ANALISIS VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN KARTU U-FRAC UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Nurlailiya, Triana (Unknown)
Nihayatus Sa'adah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mampunya siswa dalam melakukan operasi hitung pecahan. Proses belajar yang menyenangkan dalam materi konsep pecahan bisa membantu meningkatkan pemahaman siswa. Salah satu cara untuk menciptakan proses belajar yang menyenangkan adalah dengan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran seperti U-Frac (Uno Fraction). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan prosedur yang ditempuh menggunakan model 4-D. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kevalidan media U-Frac. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi. Berdasarkan hasil penilaian validator didapat data: (1) aspek materi dengan persentase skor sebesar 93,3%, termasuk dalam kriteria sangat valid, (2) aspek kualitas dan tampilan media dengan persentase skor sebesar 70,0%, termasuk dalam kriteria kurang valid, dan (3) aspek bahasa dengan persentase skor 70,0%, termasuk dalam kriteria kurang valid. Secara keseluruhan validator menilai media ini valid dengan persentase skor 77,7% sehingga media U-Frac dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cartesian

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Redaksi menerima tulisan yang relevan dengan pengembangan ilmu di bidang pendidikan matematika. Tulisan belum pernah diterbitkan pada media cetak dan atau online lain, serta harus asli (bukan plagiat) hasil pemikiran, penelitian dan pendapat disertai acuan/pustaka. Petunjuk penulisan bagi Penyumbang ...