Kagiatan pembelajaran yang terpusat pada guru sampai saat ini masih mendominasi di dunia pendidikan. Pembelajaran tampak kurang memuaskan serta belum bisa meningkatkan critikal thinking skill yang dibutuhkan pada era saat ini. Pembelajaran sosial emosional sebagai salah satu metode pembelajaran yang mampu membantu peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam mengelola emosi, membangun hubungan yang sehat, menetapkan tujuan, dan mengambil keputusan yang bertanggung jawab. Konsep dalam pembelajaran berdiferensiasi berprinsip bahwa setiap individu memiliki kebutuhan, minat, dan bakat yang berbeda. Media aplikasi quizizz paper mode merupakan media pembelajaran yang kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan sehingga menumbuhkan semangat belajar bagi peserta didik. Keterampilan berpikir kritis atau critikal thinking skill merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam menghadapi persoalan-persoalan kehidupan sehari-hari oleh karena itu peserta didik perlu dilatih dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetehui implementasi pembelajaran sosial emosional dan berdiferensiasi dengan aplikasi quizizz paper mode dalam upaya peningkatan critical thinking pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Paguyangan Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran sosial emosional dan berdiferensiasi dengan quizizz paper mode mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif dan menambah semangat belajar bagi peserta didik dalam pembelajaran IPS di kelas VIII.
Copyrights © 2025