Kapasitas guru memiliki peran sentral dalam menentukan kualitas proses dan hasil pembelajaran, terlebih dalam pendidikan Islam yang menekankan integrasi antara ilmu pengetahuan dan pembentukan karakter. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru Pendidikan Islam di Institut An-Nikmah Al-Islamiyah Kamboja melalui pelatihan strategi pengajaran aktif, pendidikan karakter berbasis nilai Islam, dan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif yang mencakup tahapan persiapan, pelaksanaan pelatihan, evaluasi, dan tindak lanjut. Pelatihan dilaksanakan melalui workshop, diskusi interaktif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan guru serta observasi selama pelatihan. Para guru mampu merancang pembelajaran yang lebih kreatif, kontekstual, dan relevan dengan kebutuhan zaman, serta mulai mengadopsi teknologi sebagai media pendukung. Penguatan kapasitas guru melalui pendekatan kolaboratif ini terbukti efektif dalam mendukung transformasi pembelajaran Pendidikan Islam di komunitas Muslim minoritas Kamboja.
Copyrights © 2025