Perencanaan pembelajaran menjadi elemen yang sangat penting dalam menjamin keberhasilan proses belajar-mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya fleksibilitas dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dari perspektif guru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Partisipan melibatkan 6 guru biologi SMA dari sekolah yang berbeda di wilayah Kabupaten Banyuwangi. Data diperoleh melalui wawancara mendalam yang dianalisis menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menghadapi berbagai situasi tak terduga seperti perubahan jadwal, kendala teknis, dan kondisi kelas yang tidak kondusif. Untuk menghadapi tantangan tersebut, guru menerapkan strategi adaptif seperti memadatkan materi, memberikan tugas mandiri, memanfaatkan teknologi, serta menyiapkan rencana alternatif. Fleksibilitas dalam pembelajaran memungkinkan tujuan pembelajaran tetap tercapai meskipun terjadi perubahan rencana. Penelitian ini menegaskan pentingnya kemampuan guru untuk berpikir kreatif, beradaptasi, serta mempersiapkan rencana cadangan dalam menjaga kontinuitas dan efektivitas proses belajar-mengajar. Temuan ini dapat menjadi acuan bagi guru dan pembuat kebijakan pendidikan dalam mengembangkan strategi penguatan fleksibilitas dalam konteks pembelajaran modern.
Copyrights © 2025