Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mendeskripsikan produk e-komik matematika berbasis literasi numerasi di kelas IV SD, mendeskripsikan kelayakan produk e-komik matematika berbasis literasi numerasi di kelas IV SD, dan mendeskripsikan respons siswa setelah menggunakan e-komik matematika berbasis literasi numerasi di kelas IV SD. Penelitian ini memakai pendekatan Research & Development (R&D), yang memanfaatkan 7 tahap telah diadaptasi dari model Borg and Gall. Siswa kelas IV dijadikan sebagai subjek penelitian. Penelitian menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini mencakup analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Temuan penelitian ini mengarahkan pada pembuatan e-komik matematika berbasis literasi numerasi dengan pokok bahasan bilangan pecahan senilai. Hasil kelayakan e-komik matematika dari kedua validasi ahli media mendapatkan persentase 81,05% dengan kriteria “sangat layak”, sedangkan validasi dua ahli materi mendapatkan persentase 76,25% dengan kriteria “layak”. Respons siswa yang berjumlah 21 reponden mendapatkan persentase 86,50% dengan kriteria “sangat baik”.
Copyrights © 2024