Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol. 12 No. 2 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Peran Media Sosial Dalam Mempengaruhi Keputusan Pemilih Pemula Pada Pemilu 2024 di Indonesia

Arifin, Ibrahim (Unknown)
Ahmad, M. Ridwan Said (Unknown)
Arifin, Jamaluddin (Unknown)
Agustang, Andi Dodi May Putra (Unknown)
Sadriani, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam mempengaruhi keputusan pemilih pemula selama pemilihan umum 2024 di Indonesia. Fokus utama penelitian ini adalah mengeksplorasi bagaimana platform media sosial berkontribusi terhadap pembentukan opini, persepsi politik, dan keputusan pemilih pemula. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Survei daring dan wawancara mendalam dilakukan untuk mengumpulkan data dari pemilih pemula. Selain itu, analisis konten media sosial juga dilakukan untuk melihat tren dan pola informasi yang berpengaruh. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Analisis sentimen diterapkan untuk memahami sikap pemilih terhadap kandidat dan isu tertentu. Penggunaan model regresi digunakan untuk mengukur sejauh mana variabel-variabel tertentu di media sosial memprediksi perilaku pemilih pemula. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial berperan penting dalam membentuk keputusan pemilih pemula. Mengidentifikasi tren opini, penyebaran informasi yang mempengaruhi persepsi, dan interaksi online yang mempengaruhi pola pikir pemilih pemula. Hasil penlitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam mengenai dinamika pengambilan keputusan di kalangan pemilih pemula dalam konteks media sosial pada pemilu 2024 di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan ...